Order CD Software

Order CD (Jika Anda Malas Download Software Dgn Size Besar)
Status : Available
Harga : Rp.15.000,- / Disk
Keterangan : Harga Belum Termasuk Ongkir
Alamat : Jl.Cempaka RT05/07 No.11 Jatiwaringin Pd.Gede Bekasi 17411

Contact Person :
089670002945 (Marcelino)
08993737746 (Rio)
087886745746 (Rio)

PIN BB :
7D4DBCFF (Marcel)
7EBCBF98 (Rio)

Perangkat Jaringan (Pertemuan 3)

wan
Perangkat jaringan komputer merupakan sebuah perangkat yang sangat penting dalam jaringan komputer. Karena jika tidak adanya peranan dari perangkat jaringan, maka sebuah komputer tidak dapat saling terhubung dengan komputer lainnya. Maka dari itu, perangkat jaringan bertugas untuk menjembatani antara komputer yang saling terhubung.
Dalam membangun sebuah jaringan komputer yang lebih besar terdapat beberapa device yang harus digunakan seperti:
1.Hub
2.Switch
3.Access Point
4.Router, dll
Hub
fxg-24im4
Hub bertugas untuk mengubah sinyal transmisi jaringan, hal tersebut dilakukan agar dua komputer atau lebih dapat saling terhubung. Tetapi Hub tidak dapat mengatur jalanya suatu data, sehingga setiap paket data yang melewati hub akan di broadcast ke semua port sampai pket data yang melewati hub akan sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat menyebabkan adanya collision atau tabrakan arus data.
Switch
pengertian-switch
Switch memiliki fungsi yang hampir sama dengan hub, tetapi perangkat jaringan ini lebih cerdas dari hub karena dapat mengatasi maslah collision data. Selain itu switch juga memiliki beberapa kelebihan di antaranya yaitu memiliki kecapatan transfer data yang cepat dan memiliki jangkauan yang lebih baik daripada hub. Tidak hanya itu, switch juga dapat menyaring atau memfilter paket data sebelum di teruskan ke jaringan yang di tuju.

Access Point
41NKQ16H9WL._SX355_
Perangkat jaringan Access Point terdiri dari dua bagian utama yaitu antenna dan transceiver yang di gunakan untuk menerima sinyal dan transmisi dari client atau sebaliknya. Dengan access point, kia dapat terhubung dalam jaringan LAN seara wireless (tanpa kabel). Intinya, access point berfungsi untuk menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda yaitu jaringan wireless dan jaringa LAN.
Router
445869-tp-link-archer-c7-ac1750-wireless-dual-band-gigabit-router-v2
Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih, sehingga dapat saling bertukar data dengan jaringan lainya. Maka dari itu dengan menggunaan router kita dapat terhubung dengan jaringan yang berbeda. Misal, IP 192.168.10.0/24 dapat terhubung dengan IP 100.100.100.0/24. Cara kerja router yaitu meneruskan paket data dan membagi beberapa jaringan menjadi beberapa segmen ataupun menyatukan segmen – segmen jaringan tersebut, tetapi router hanya terletak di lpisan ketiga pada layer OSI.
Modem
MIN_314777_EAA
Modem (Modulator Demodulator) merupakan sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya. Biasanya data yang di berikan kepada komputer umumnya berbentuk sinyal digita. Maka dari itu ketika modem mendapatkan sinyal berbentuk analog , modem harus mengubahnya ke dalam sinyal digital agar sinyal tersebut dapat di proses dan di terima oleh komputer.
Wireless Card
41KauOzx-QL._SL500_AC_SS350_
Wireless Card merupakan sebuah perangkat jaringan komputer yang dapat menghubungkan dua device secara wireless (tanpa kabel) maupun wire (menggunakan kabel). Dengan menggunakan wireless card, memungkinkan dua atau lebih komputer dapat saling terhubung melalui jaringan wi-fi tanpa harus menggunakan kabel. Jika anda mempunyai laptop, wireless card biasanya sudah tertanam di dalamnya, jadi anda tidak perlu membelinya secra terpisah. Berbeda dengan laptop, pada komputer anda harus membeli wireless card secara terpisah.
Lan Card
NIC-min.jpg
Perangkat jaringan LAN Card berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dengan menggunakan media kabel. LAN Card memiliki tugas untuk mengubah arus data dari paralel menjadi serial, sehingga akan di transmisikan melalui media jaringan seperti kabel UTP. Perangkat jaringan LAN Card biasanya di gunakan pada jaringan LAN.
Kabel Jaringan
Trik Cara Memasang Kabel Jaringan UTP dengan rj45
Kebel jaringan merupakan sebuah media transmisi yang di gunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih untuk saling berukar data dengan menggunakan media kabel. Kabel yang biasanya di gunakan untuk media transmisi yaitu kabel UTP, STP, Coaxial, dan Fiber Optik. Penggunaan jenis kabel, biasanya di sesuaikan dengan topologi jaringan yang akan di buat.
Repeater
Repeater.1.1.png
Repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal wifi dari server supaya perangkat lain dapat terhubung. Cara kerja repeater yaitu menerima sinyal dari server dan kemudian akan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan jangkauan yang lebih luas dan lebih kuat. Dengan kata lain sinyal yang tadinya lemah dapat di pancarkan kembali dengan repeater menjadi sinyal yang lebih kuat dan luas.
NIC
pengertian fungsi NIC.jpg
Sebuah NIC memiliki alamat khusus yang disebut sebagai ethernet address atau MAC address. Alamat ini adalah berupa kode heksa 48-bit. Setiap NIC memiliki alamat yang berbeda. Bila sebuah komputer hendak berkomunikasi dengan komputer lainnya maka ia akan memancarkan sinyal untuk mencari alamat NIC yang dituju. Jika alamat tersebut telah ditemukan, maka komunikasi antar dua kartu ethernet dapat dilakukan. Bila NIC yang dituju ternyata tengah menangani komunikasi dengan kartu ethernet lain nya, maka terjadi tabrakan data atau collision. Keduanya kemudian akan berhenti memancarkan sinyal, menunggu untuk kembali memancarkan sinyal dalam waktu yang acak, sehingga kemudian dapat berkomunikasi kembali.
Layer Jaringan Komputer
7layers
Access Layer Switch:
Access Layer Switch bertujuan untuk memudahkan koneksi end devices ke dalam fitur jaringan. Fitur dari Access Layer Switch:
•Port Security
•VLAN
•Fast Ethernet / Gigabit Ethernet
•Power over Ethernet (PoE)
•Link Aggregation
•Quality of Service (QoS)
Distribution Layer Switch:
Distribution Layer Switch menerima data dari Access Layer Switch dan akan meneruskannya ke Core Layer Switch. Fitur dari Distribution Layer Switch meliputi:
• Mendukung Layer 3
• High Forwarding
• Gigabit Ethernet / 10 Gigabit Ethernet
• Redundant
• Security / Access Control List
• Link Aggregation
• Quality of Service (QoS)
Core Layer Switch:
Core Layer Switch merupakan backbone dan bertanggung jawab untuk menangani sebagian besar jaringan LAN. Fitur dari Distribution Layer Switch meliputi:
• Mendukung Layer 3
• Very High Forwarding
• Gigabit Ethernet / 10 Gigabit Ethernet
• Redundant
•Link Aggregation
• Quality of Service (QoS)

Penulis : alalala ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Perangkat Jaringan (Pertemuan 3) ini dipublish oleh alalala pada hari Minggu, 10 Juni 2018. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Perangkat Jaringan (Pertemuan 3)
 

0 komentar:

Posting Komentar